Hamster Untuk Pemula


Banyak orang tertarik untuk memelihara hamster. Biasanya kita tertarik pada hamster karena lucu, bentuk tubuhnya yang mungil, tingkah lakunya yang menggemaskan, dan tentu saja, karena hamster bukan tikus! Biasanya kita kebingungan apa yang harus kita lakukan kemudian supaya hamster bisa menjadi sahabat kita.

  • Cute Hamster

    Sebelum Membeli : Tidak semua orang bisa menerima kehadiran binatang di dalam kehidupannya. Walau demikian, memang memelihara hamster memiliki berbagai keuntungan, diantaranya: perawatan mudah, tidak berisik, ongkos pemeliharaan relatif murah, dan terdapat beragam jenis hamster yang dapat dipilih – tentunya dengan harga yang beragam. Mengapa kesiapan mental untuk memelihara hamster perlu? Perlu diingat, hamster yang kita pelihara nanti tidak bisa mencari makan sendiri. Oleh sebab itu, minimal kita perlu untuk rutin memberi makan dan minum. Jika seluruh anggota keluarga tidak memiliki kesiapan mental untuk belajar memelihara hamster, biasanya akan berujung pada kematian hamster karena ketidak-tahuan pemilik

  • Alergi Hamster?

    Keluarga Alergi atau Tidak: Beberapa orang tidak tahan terhadap bulu hewan dan bisa mengakibatkan reaksi alergi. Di Inggris dan Amerika baru tercatat bahwa berhati-hatilah terhadap hamster siria berbulu panjang. Dalam beberapa kasus, pengidap alergi tidak tahan terhadap hamster siria bulu panjang. Jadi, pada waktu membeli coba pegang hamster siria bulu panjang tersebut. Bila menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya memelihara hamster siria bulu panjang hanya untuk dilihat, bukan dipegang. Normalnya, bulu hamster tidak akan rontok asal suhu ruang terjaga (sekitar 25 derajat Celcius). Diatas suhu kamar tersebut, bulu hamster dapat rontok dan dapat menjadi masalah serius bagi pengidap asma. Asalkan suhu ruangan terjaga, hal ini tidak akan menjadi masalah.

  • Membeli Hamster

    Membeli Hamster: Hamter adalah hewan yang sangat cepat berkembang biak. Ada beberapa peternak yang secara tidak bertanggung-jawab asal mengembang-biakkan. Cara tersebut mengakibatkan, faktor genetikanya hamster akan berantakan. Jika hanya pencampuran warna, ini tidak masalah. Tapi sekarang sering kali terjadi perkawinan antar spesies(Jenis), yang umum terjadi biasanya hamster champbell dikawinkan dengan hamster winter white. Maka penting untuk mengetahui jenis-jenis hamster, supaya tidak mendapatkan keturunan yang asal-asalan. Perkawinan antar spesies juga beresiko untuk mendapatkan keturunan berikutnya yang cacat. Untuk referensi, dapat dilihat pada daftar peternak dan petshop. Selain itu, dapat dilihat pada tempat penjualan, jika cukup terawat, kita bisa membeli di tempat tersebut.

  • Biaya dan Anggaran

    Biaya dan Anggaran Hamster: Setiap Hamster mempunyai Harga yang berbeda. Mulai dari jenis sampai ke corak warnanya. Kadang hamster dengan warna sama dijual dengan harga yang berbeda di tempat yang satu dan lainnya. Jangan anda tertarik pada hamster yang memiliki harga yang murah. Peternak yang baik biasanya justru tidak mau banting harga, karena untuk mempertahankan kualitas hamster bukanlah pekerjaan mudah. Selain itu, pikirkan biaya bulanan untuk memelihara hamster. Biaya bulanan untuk serbuk kayu dan makanan untuk sepasang hamster biasanya sekitar 30.000 – 50.000 per bulan.

  • ternak atau pelihara

    Tujuan untuk memelihara: Hamster biasanya sebagai hewan peliharaan. Tetapi ada juga yang mau untuk menernakannya. Umur hamster rata-rata bisa mencapai 2-4 tahun, tergantung perawatan dan jenis. Masa subur hamster dimulai sejak umur sekitar 4-6 bulan. Selama dipelihara hamster bisa melahirkan 6 kali, dengan tiap kelahiran antara 3-15 ekor (rata-rata 6-8 ekor dan untuk roborovski rata-rata 4 ekor). Dengan demikian, dalam satu masa hidupnya, hamster bisa melahirkan kurang lebih 6 x 8 ekor = 48 ekor! Jika kita tidak berniat untuk menjadi peternak. Untuk menghindari perkawinan hamster sebaiknya hanya memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama. Disarankan untuk memelihara jantan karena hamster jantan lebih toleran terhadap sesamanya dan tidak agresif. Spesies Indonesia ada 4 spesies hamster yang umum dipelihara, yaitu hamster siria (Mesocricetus auratus), hamster champbell (Phodopus champbelli), hamster winter white (Phodopus sungorus), dan hamster roborovski (Phodopus roborovskii).

  1. Hamster siria memiliki bentuk tubuh yang paling besar sekaligus paling cepat dijinakkan. Hamster siria juga gerakannya lambat dan jarang menggigit sehingga cocok untuk dipelihara anak-anak. Perlu diperhatikan, karena memiliki badan yang lebih besar, berarti membutuhkan kandang yang lebih besar dan makanan yang lebih banyak. Catatan penting untuk hamster ini: status vulnerable (terancam). Pastikan hamster ini tidak akan mati sia-sia di tangan Anda.
  2. Hamster champbell termasuk dalam hamster mini. Termasuk hamster yang agak susah dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggigit kecil alih-alih untuk mengicipi. Jadi wajar jika hamster jenis ini sering menggigit jari kita. Walau demikian, jika sering dipegang, hamster ini tidak akan menggigit tuannya lagi. Hamster ini memiliki variasi warna yang paling banyak.
  3. Hamster winter white memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan champbell. Winter white adalah saudara dekat champbell. Sering kali jenis ini dikwainkan oleh peternak dengan hamster champbell. Hal ini bukanlah tidakan bijak. Anda juga sebaiknya tidak mencampur hamster champbell dengan winter white. Tindakan ini hanya akan merusak kode genetik asli pada hamster. Mengapa disebut winter white? Karena pada musim dingin (di Indonesia musim hujan; sekitar bulan Desember sampai Februari) hamster jenis ini warnanya akan cenderung berubah keputih-putih-an. (Winter White = turn into white on winter). Hamster jenis ini jarang sekali menggigit, namun harnganya biasanya lebih mahal. Jika memiliki anggaran yang cukup besar, hamster jenis ini cocok dipelihara untuk anak-anak.
  4. Hamster roborovski memiliki tubuh yang paling mungil namun larinya paling cepat. Jika terlepas, hamster ini relatif lebih sulit ditangkap. Hanya ada 2 variasi warna: normal dan white face. Hamster jenis ini memiliki kumis yang sangat banyak. Roborovski white face memiliki wajah dan warna bulu yang jauh lebih putih dan terang dibandingkan roborovski normal. Hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula.
  • Kandang dan perlengkapan: Untuk memelihara hamster tidak diperlukan kandang khusus. Anda dapat membeli atau membuat kandang seperti gambar di bawah ini. Gambar (a) : anda dapat membeli di petshop atau toko-toko tertentu. Gambar (b) : anda bisa membuat kandang ini dari bekas aquarium. Gambar (c) anda bisa membuat dari kayu atau stick es.

    (c)

    a

b

  • Transportasi hamster: Pikirkan bagaimana hamster akan dibawa pulang. Ingat: hamster tidak tahan panas, angin kencang, dan air. Jadi, selama perjalanan, pastikan hamster terhindar dari ketiga hal tersebut. Waktu yang baik untuk membawa hamster adalah pagi, sore, atau malam hari. Tidak disarankan untuk membawa hasmter pada siang hari, karena hamster tidak tahan panas. Usahakan pada saat cuaca cerah. Lebih baik jika membawa hamster menggunakan kontainer khusus dimasukkan tas kain yang di dalamnya diberi es batu untuk menjaga suhu tetap stabil dan dingin.

Tentang mucozz

anything about music, guitar and hamster
Pos ini dipublikasikan di Perawatan Hamster dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Hamster Untuk Pemula

  1. Nike berkata:

    Pet shop di daerah malang itu di mana ya?
    Thx

  2. heri sasmito berkata:

    makasih infonya ya bro

  3. vidia berkata:

    nmpanq nnya ya,
    sya pnya 3 hamster,2 btina dn 1 jntan,tpi sya tdk tau jenis’a apa,yang 1 btina wrna’a putih dn ada gris cklat di pnqqunq’a dn mata’a brwrna mrah,yanq 1 btina wrnanya abu” hitam,dn yanq jntan wrnanya coklat,mhon jwban’a ya itu jnis hamster apa,dan bsa tdk jika di kawinkan,,?

  4. ita berkata:

    saya gak suka hamster

  5. inggit141 berkata:

    sebelumnya terimakasih…..
    saya mohon jawabanya……

  6. inggit_7 berkata:

    saya jauh dari tempat petshop jadi mau kasih makanan apa ya????
    saya ada di papua

  7. aristi berkata:

    cara cpt untk mngwinx hamstr campbl gmn siihhh?????

  8. mamee berkata:

    untuk robo ternaknya gimana susah nggak cay ??

  9. yadi berkata:

    boleh juga ni blog.
    ada lagu nya juga lagi..

    dear god_A7X

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s