Tips Hamster Cepat Beranak


Kandang Hamster

Produksi Hamster

Kadang hamster sulit untuk beranak, kawin pun juga sulit. Nah, Mungkin ada Faktor yang kurang dari beberapa cara memelihara hamster. Baiklah langsung saja saya jelaskan agar hamster anda cepat beranak.
Berikut ini penjelasannya:

  1. Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamster sebagai alasnya. Pasir ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Pasir ini juga bisa dipakai hamster untuk mandi sehingga bulunya terlihat rapih, kering, dan tidak bau.
  2. Ganti pasir ini setiap minggu atau 2 minggu sekali dengan pasir baru. Setelah seminggu atau dua minggu, pasir ini akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika mau sedikit repot, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang.
  3. Cara mencucinya, pasir bekas pakai tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga mudah untuk dibuang dan dipisahkan dari pasirnya.
  4. Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk makanan, saya memberi kuaci atau tumbukan kacang tanah yang sudah dikupas kulitnya. Untuk minuman, sesuai saran penjualnya, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah (tauge) setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Banyak orang memberi minum dengan air sehingga kandang menjadi basah dan hamster mudah sakit dan mati.
  5. Tambahkan makanan baru hanya jika makanan yang sudah ditaburkan atau disediakan di tempat makanan sudah habis termakan. Ini untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang.
  6. Jika induk betina melahirkan, pisahkan dari hamster pejantan atau hamster lainnya, dan perbanyak makan kecambah. Ciri-ciri hamster betina yang akan melahirkan terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit dan si induk seperti gelisah mondar-mandir dalam kandang dengan tingkat keaktifan yang lebih tinggi dari biasanya. Jangan lupa beri potongan kain untuk membuat sarang buat bayi-bayi hamster yang akan dilahirkan.

Tersebut cara hamster untuk cepat beranak. Dan semoga cara ini bermanfaat bagi kalian. Selamat mencoba. ^^

Tentang mucozz

anything about music, guitar and hamster
Pos ini dipublikasikan di Perawatan Hamster dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Tips Hamster Cepat Beranak

  1. nursyahidah berkata:

    wah,,kalau si hamster cewe itu bunyi terus itu knp ya??

  2. tetapi beri kecambah (tauge) setiap pagi dan sore.
    ini rendaman tauge atua apa?

  3. dian078 berkata:

    gan kalau hamster bagusnya di kasih pasir apa serbuk kayu?untuk lapisan kandang?

  4. kun berkata:

    hamster teman saya habis melahirkan, anaknya langsung dimakan, shg habis keluar satu harus cepat cepat dipisahkan dari induknya…padahal kita tahu, harusnya gak boleh dipisah, untuk disapih…tp klo gak dipisah y itu tadi langsung dimakan….serba salah donk

  5. dhey berkata:

    sshiiippp…
    bagusss bgt..
    b^_^d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s