Gangguan Pada Hamster


Penyakit Hamster

Penyakit Hamster

Hamster yang sehat memilik ciri sebagai berikut :
1. Mata mereka akan bersih, cerah, awas,
2. Memiliki bulu yang mengkilap, dan
3. Telinga yang tegak, meskipun hamster baru saja bangun dari tidurnya, sebentar saja
telinganya akan berdiri tegak dengan baik.

Sedangkan hamster yang sakit memiliki ciri sebagai berikut :
1. Diam saja di sarangnya meskipun ada beberapa kejadian menarik di luar.
2. Waktu dia keluar, matanya mungkin setengah tertutup dan telinganya tetap turun dan rata
dengan kepalanya.

Adapun macam-macam penyakit yang bisa menyerang hamster adalah sebagai berikut :
1. Abcesses
Abacesses adalah luka di bawah kulit yang berisi nanah. Mereka dapat membesar sangat cepat dan juga sebagai tanda infeksi terjadi.
Pertolongan : Periksakan ke dokter hewan segera. Antibiotik biasanya diberikan dan abcess mungkin ditusuk. Luka sering dibersihkan dan mungkin harus dibersihkan teratur sampai sembuh. Beberapa hamster mungkin perlu menjalani operasi untuk mengeluarkan absess.

2. Pendarahan
Kadang-kadang hamster mengeluarkan darah dari pantannya. Kemungkinan tanda ini adalah adanya infeksi rahim pada hamster Sirian betina. Darah sedikit pada pantat pada hamster dwarf rusia dapat juga menandakan bahwa hamster itu hamil.
Pertologan : Jika hamster syrian mulai berdarah dari pantatnya maka bawalah ke dokter. Jika ini infeksi rahim maka hamster perlu antibiotik untuk disembuhkan. Berdarah juga dapat berarti hamster sedang melahirkan. Jika hamster dwarf rusia berdarah parah maka ia juga perlu dibawa ke dokter.

3. Diabetes
Campbell dwarf rusia dapat terkena diabetes dari keturunan. Hamster akan kehilangan berat badan dan kelihatan kurus dan sakit. Hamster akan banyak minum air dan memiliki area toilet yang sangat basah. Pasien hamster biasanya mati sangat muda sekitar empat sampai enam bulan.
Pertolongan : Beberapa pemelihara hamster mencoba dengan makanan dengan bermacam-macam hasil. Insulin umunnya tidak ide yang bagus karena sangat sukar untuk mengetahui berapa banyak insulin yang harus diberikan ke hewan sekecil itu. Pada saat ini belum ada obatnya.

4. Kerontokan bulu
Kerontokan bulu biasanya terjadi pada hamster tua dan juga dapat disebabkan oleh beberapa sebab lainnya.
Pertolongan : Bawahlah ke dokter untuk mendapat dianogsa penyebabnya dan sesuatu untuk menolongnya.

5. Bercak Pinggul (Hip Spot)
Semua hamster memilikinya tetapi pada hamster tua yang bulunya menipis dapat terlihat jelas seperti bermasalah. Tanda bercak ini berada di kedua pinggul dan dapat terlihat seperti dua tahi lalat.
Pertolongan : Biarkan, jangan digangu atau diusik. Biasanya tidak bermasalah. Kamu dapat melukai mereka daripada baik dengan mencoba menghilangkan ini.

6. Luka
Selama lukanya tidak terlalu dalam atau kelihatan bersih maka luka itu dapat dibiarkan. Perhatikan saja sampai lukannya sembuh. Luka yang lebih dalam yang terlihat infeksi perlu nasihat dokter.
Pertolongan : Umumnya dengan antibiotik. Memandikan dengan air garam juga membantu untuk menjaga supaya bersih.

7. Benjolan atau tumor
Hamster yang muncul bengkak di daerah yang asing. Benjolan ini mungkin tetap atau berpindah tempat di kulit mereka. Hamster mungkin tidak suka kamu memegang benjolannya.
Pertolongan : Nasihat dokter diperlukan. Umumnya mereka dihilangkan melalui operasi pada ukurannya tepat atau selama mudah ditaruh untuk dioperasi. Beberapa dokter memperingatkan akan adanya kesulitan dalam pembiusan hamster. Dr Hamwell berkata bahwa meskipun ada resiko pada hewan kecil ini, hamster selalu memiliki teman yang baik dalam menjalani operasi dengan baik. Selalu memeriksakan benjolan sesegera mungkin karena mereka dapat bertambah besar cukup cepat.

8. Virus Papova
Penyakit ini merupakan penyakit hamster yang relatif baru yang diguleti oleh dokter saat ini. Tanda-tanda simptom termasuk rasa jendolan di belakang leher, benjolan-benjolan kecil di bawah kulit, benjolan benjolan seperti kutil di dagu atau bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dipercaya ditularkan melalui air seni dan melalui memegang hamster yang sakit dan tidak mencuci tangan setelah itu.
Pertolongan : Tidak ada obat untuk papova untuk saat ini. Pemelihara hamster mencoba dengan menghilangkan benjolan melalui operasi tetapi tidak ada jaminan bahwa benjolan itu tidak muncul lagi. Penyakit ini diperkirakan genetika. Beberapa hamster mati karena penyakit ini dan hamster lainnya juga dapat sembuh dan benjolan juga hilang. Penyakit ini menular dan kamu harus memisahkan hamster yang terkena penyakit ini.

9. Salesma
Salesma atau pilek pada hamster biasa disebabkan oleh udara panas atau penurunan suhu secara drastis. Suhu yg ideal untuk hamster antara 18-22 derajat celcius. Selain itu,selesma juga dapat ditularkan dari manusia. Gejala salesma dimulai dari hamster yang sering bersin dan keluar cairan dari mata dan hidung. Lalu hamster terlihat lesu,matanya setengah menutup dan slalu terlihat bergelung (tidur) disalah satu sudut kandang.ada kalanya tubuh hamster akan terasa dingin jika disentuh.
slesma hrs segera diobati karena serangan yg lebih parahdapat menimbulkan radang paru2 dan akibat lebih lanjut dapat menyebabkan kematian.jika menunjukkan tanda2 slesma,hamster segera dipindah ke tempat yg lebih hangat atau di atas kandang diberi lampu.letakkan serbuk kayu sebanyak mungkin didalam kandang.hamster dapat diberi campuran susu,air,dan madu sebagai obat. Ddengan perawatan tersebut,dalam beberapa hari hamster akan terlihat membaik.
10. Diare
Terjadinya diare dapat disebebkan konsumsi sayuran dan buah2an yg berlebihan dan terus menerus,perubahan jenis makanan secara mendadak,kandang kotor yg tidak dibersihkan,atau adanya bakteri.ketika menderita diare,bagian ekor hamster terlihat slalu basah,terutama di sekitar anus dan ekornya.karena hamster sering buang air maka kandang akan berbau tidak enak serta terlihat kotor dan basah.biasanya,bau kandang hamster yg sehat tidak menyengat dan kering. Diare ada 3 macam yaitu : Diare karena konsumsi sayur dan buah yg berlebihan, Diare karena jamur, dan Diare karena Bakteri. Berikut penjelasannya:
  • Diare karena konsumsi sayur dan buah yg berlebihan
    Penanganan hamster yang diare karena konsumsi sayur dan buah yang berlebihan sangat mudah. Hentikan pemberian sayur dan buah sama sekali dan ganti makanan tersebut dengan makanan kering khusus hamster. Air minum dan botol khusus harus selalu tersedia karena hamster yangg menderita diare membutuhkan cairan lebih banyak. Umumnya, kematian hamster yang diare disebabkan dehidrasi atau kurang cairan. Dengan penanganan tersebut,kesehatan hamster akan membaik dalam 1-2 minggu.
  • Diare karena jamur
    Serutan kayu yangg jarang diganti dapat menjadi penyebab tidak langsung hamster diare. Serutan kayu yang basah karena urin hamster akan ditumbuhi jamur Aspergillis. Selain tumbuh pada serutan kayu bekas urin,jamur ini juga dapat tumbuh pada sayur atau buah makanan hamster yg membusuk.
    Hamster yg terinfeksi jamur ini akan menunjukan gejala-gejala seperti lesu,sulit bernafas,gatal-gatal pada kulit,dan diare yg kronis.jika tampak gejala tersebut,hamster harus dipisahkan dari kelompoknya.kandang tempat penyembuhan hrs sering dibersihkan,minimal sehari sekali.hamster perlu dibawa kedokter hewan karena umumnya diperlukan obat antibiotik (Baytrill) dan obat anti jamur (Griseofulvin).selain hamster yg sakit,obat juga diberikan pada hamster lain yang masih sehat karena penyebaran penyakit ini sangat cepat. Penanganan yang terlambat dapat menyebabkan hamster mengalami kematian.
  • Diare karena bakteri
    Diare karena bakteri disebabkan oleh sejenis bakteri. Penyakit ini dikenal dengan nama wet tail. Penyakit ini bisa menyerang hamster yang berusia muda. Penyebab utama penyakit ini adalah tingkat stres yg tinggi sehingga terjadi ketidak seimbangan jumlah bakteri yang biasa hidup di dalam usus hamster. Hamster yang terkena penyakit ini menderita diare yang sangat parah sampai penampilannya sangat kotor,basah,dan disertai bau yang sangat menyengat.
    Jika tampak gejala-gejala di atas,hamster harus secepat mungkin ditangani karena biasanya dalam waktu 24 jam hamster akan mati bila tidak diobati. Biasanya,sebelum gejala tersebut hamster perlu disuapi,sedikit demi sedikit air dimasukkan ke dalam mulut hamster dengan bantuan pipet. Pertolongan pertama yang akan dilakukan dengan pemberian obat anti diare (Kaopectate) dan sedikit antibiotik. Umumnya,hamster yang menderita wet tail ini mati karena dehidrasi. Penyakit ini hanya menyerang hamster siria dan tidak ditemukan pada hamster-hamster mini. Penyakit yang menyerang induk hamster siria dapat menurun pada anak-anaknya.

Tentang mucozz

anything about music, guitar and hamster
Pos ini dipublikasikan di Penyakit dan Penanganan dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Gangguan Pada Hamster

  1. kayleen berkata:

    Hai, aku kan punya 2 hamster…
    Hamster punya adikku tiba tiba muntah darah….
    Bisa ada yang bantu kasih tahu gimana cara menyembuhkannya?
    Dan dia tiba tiba muntah darah karena jatuh dari tangga kandandnya ( padahal tanhgga kandangnya pendek banget loh)
    Thanks!!!

  2. suci berkata:

    tolong dong hamster ku kayak nya kena ambeien soal nya di duburnay ada yang keluar begitu. gimana ya cara mengobati nya.

  3. Yahya R Radhiyya berkata:

    kaya gimana ya cara membuat hamster nurut dan gak suka berantem

  4. Freya berkata:

    gimana ya hamsterku kerjaannya diem trus kalo di kasih wortel gak di makan trus dia malah makan kertas ama tisu gimana dunk minta sarannya ya

  5. Oneida N berkata:

    Hamsterku barusan muntah. ngeluarin makanan buanyak… sakit apa ya?

  6. ternyata..hamsterku kena Diabetes ya,,,soalnya waktu hamsterku sakit (gak tau tuh, tiduran gitu..mulutnya ke buka..) abis itu aku bawa aja ke toko hewan 9tempat aku beli hamster) ternyata kata mas nya terlalu kurus..😦😦 tapi akhirnya mati TT ^ TT

  7. ditha yoselinda berkata:

    hamsterku siem terus dikandangnya?mata nya merem terus😦

  8. Ping balik: macam-macam vitamin untuk hamster « rismarahma97

  9. elsun berkata:

    Hamster sya bru melahirkn, trus anknya yg pertma itu di makannya, hbis itu dia melahirkn smpe 5anknya. Kyknya hamster sya itu pendarahan dan anknya dibiarin gtu aja. Sya minta sarannya ? Sya hrus gimna ? Gk tega ngeliatnya

    • kalau anaknya di makan,berarti hamsternya yg baru melahirkan sampe umur berapa gitu udh kmu pegang ya? jangan dipegang…nanti ibunya nggak anggap anaknya lagi,kalau hamsternya udh besar baru boleh aku gak tau dari umur berapa – berapa boleh dipegang

  10. Rieskha MiliQu berkata:

    jinnai_ mngkin mtax klilipn !!! jd skit lok dbwt liat,. coba bersiin aj pake catonbath !!!

  11. jinnai berkata:

    hamsterqu jatuh dri atas meja brsama dgn kandangnya,,kayaknya mata hamsreku n gak bisa dibuka…apa obatnya yach ???🙂

  12. jinnai berkata:

    tolong donk hamster sya jatuh dri kndangnya cz kndandx saya taruh diatas meja,,klihatannya hamsterqu tuh sakit.Matax udh gak bisa dibuka,truz hamsterqu diem teruss..
    gimana yahh cra nyembuinnya ?..

  13. rere berkata:

    Saya baru beli hamster seminggu yang lalu dengan jenis robos jantan…sejak 3hari yang lalu dia ga mau makan minum dan juga bermain…kerjaanya cuma tidur dan diem..kLo bangun kelopak mata sebelah kiri suka tertup kaya ada lem nya..kira2 dia sakit apa yaa…tolong kasih saya solusi merawatnya.biar dia sehat lagii

  14. aria berkata:

    io ya kk gi gimana cara menyembuhkan hams yg lagi sakit diare???

  15. aria berkata:

    kk cara membuat hamster nurut gimana caranya?
    dan hams aku lagi hamil bagai mana cara utk aku bantu melahir kan nya?

  16. Juliette Isaac berkata:

    hamsterku bnyk yg sakit mata n suka garuk2….apa obatnya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s