Membuat Kandang Hamster Sendiri


Preview

Hamster sejenis hewan pengerat seperti tikus yang suka bertempat tinggal di tempat-tempat gelap. Disamping itu hewan kecil ini juga membutuhkan tempat tinggal seperti kita.Biasanya Hamster Hidup di lorong-lorong yang gelap dan di bawah tanah. Disini ada beberapa ketentuan merawat kandang hamster:

  1. Jika Anda menginginkan membuat kandang untuk sepasang hamster lebih baik menggunakan ukuran 30x30x30 cm. Agar hamster senang dengan tempat yang luas.
  2. Kandang harus benar-benar terjaga dan tertutup agar hamster tidak kabur dari kandangnya dan terhindar dari pemangsa seperti kucing dan tikus. Tetapi harus ada fentilasi udara agar kandang hamster tidak bau.
  3. Alas Hamster harus selalu ada sperti serbuk kayu dan pasir. Karena biasanya hamster melindungi dirinya agar tidak dingin.
  4. Sediakan mainan hamster agar hamster tidak merasa jenuh (khusus untuk peternak hamster sebaiknya tidak usah, karena untuk meminimalkanbiaya pengeluaran)
  5. Jangan menaburkan makanan hamster langsung ke kandangnya. Agar kandang tidak terlihat kotor.
  6. Bersihkan kandang hamster 1 minggu sekali atau sampai kandang mulai berbau.
  7. Gunakan tempat minum khusus hamster yang dijual dipetshop biasanya. Hal ini untuk menghindari air yang tumpah ke lantai kandang jika menggunakan wadah yang diletakkan di lantai kandang hamster. Karena hamster itu kalo malam banyak banget tingah lakunya
  8. Sebisa mungkin kandang hamster dibuat tingkat dengan dikasih tangga untuk naik turun, karena hamster itu binatang yang tingkahnya mirip dengan tikus alias suka memanjat.
  9. Yang sangat penting untuk kandang hamster adalah terbuat dari bahan-bahan yang tidak mudah di gigit oleh si Hamster tersebut.

Dan setelah anda membaca ketentuan di atas. Mari Kita Buat Kandang Hamster Sendiri berikut ini:

  • DENGAN KACA (AQUARIUM)

Kandang Hamster Aquarium

Membuat kandang dengan kaca adalah untuk mencegah hamster kabur dari kandangnya. Dengan permukaan yang licin Hamster tidak akan kabur dari kandangnya. Dalam membuat kandang menggunakan aquarium anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

  1. kaca ukuran 30x30x30 cm dengan tebal 5mm. Khusus untuk hamster peliharaan ukuran terserah, asalkan tinggi tidak kurang dari 30 cm.
  2. Lem Kaca

Berikut ini Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kaca dengan ukuran 30x30x30 cm atau selerah anda.
  2. Rakit kaca satu-persatu sampai membentuk kotak yang tidak bertutup.
  3. Tahap berikutnya, lem sambungan tersebut dengan lem khusus kaca.
  4. Selanjutnya beri serbuk kayu pada kandang tersebut.
  5. Dan letakan hamster pada aquarium tersebut.
  • DENGAN KAYU

Kandang Kayu

Membuat kandang dengan kayu ini sangat mudah dan kita juga dapat membentuk bagaimana jenis kandang Hamster tersebut. Dalam membuat kandang menggunakan kayu anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

  1. Kayu ukuran 30x30x30 cm dan kayu yang lainnya untuk rumah hamster.
  2. Lem Kayu
  3. Pisau

Berikut ini Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan Kayu dengan ukuran tersebut.
  2. Bentuklah paersegi tanpa tutup.
  3. Kemudian, lem lah bagian sambungan tersebut.
  4. Bentuklah kayu yang lain dengan model yang sudah di tentukan.
  5. Dan jangan lupa dengan membuat rumahnya.
  6. Setelah itu anda juga dapat membuat mainan hamster dengan kayu.
  7. Setelah semua sudah selesai. Anda dapat menaburkan serbuk kayu.
  8. Dan letakan hamster pada kandang kayu tersebut.
  • MEMBUAT RUMAH HAMSTER DI DALAM TANAH

Pipa bawah tanah Hamster

Habitat asli hamster ini memanglah di dalam tanah. Apa salahnya jika kita membuat rumah hamster di bawah tanah. Agar mereka seperti kembali ke habitat aslinya. Dalam membuat rumah hamster di dalam tanah  anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

  1. Bahan seperti membuat kandang dari aquarium. Tetapi jarak tanah dengan atas aquarium jangan kurang dari 30 cm.
  2. Dan tanah biasa.
  3. Pipa berdiameter kira-kira 5cm.

Berikut ini Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kaca dengan ukuran 30cm dari tanah.
  2. Rakit kaca satu-persatu sampai membentuk kotak yang tidak bertutup.
  3. Tahap berikutnya, lem sambungan tersebut dengan lem khusus kaca.
  4. Kemudian letakan rumah hamster yang sudah di beri pipa untuk hamster keluar.
  5. Dan letakan hamster pada kandang tersebut.

Itulah cara-cara, ketentuan, jenis kandang, dan cara pembuatan kandang. Semoga bermanfaat bagi anda :D

About these ads

Tentang mucozz

anything about music, guitar and hamster
Tulisan ini dipublikasikan di Buatan Sendiri dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

59 Balasan ke Membuat Kandang Hamster Sendiri

  1. luftiah harwidyani berkata:

    kak makanan yang bgus untuk hamsternya apa?

  2. F berkata:

    Info yg menarik nih ^_^ Thank’s ya..
    Kunjungi jg blogku mengenai hamster di http://firdhamayasari.blogspot.com

  3. heri berkata:

    magus ya buat kandang sendiri dari kayu..

  4. nofs berkata:

    pake ember aja muraah.. pake akuariun kemahalan..wkwkwkwk kata para peternak si wek wekwek
    ember item/ terserah deh, trus yang pentink agak tinggi.. dikasih serbuk kayu, aksesoris.. jadi deh tinggal masukin hammynya xixixi..

  5. indra ginanjar berkata:

    ajib beneeer

  6. baihaqi berkata:

    biaya semuany kira” brpa gan..?

  7. Nona Nurfiah berkata:

    klo aksesorisnya dr kaca, aman tidk untuk hamster ?????

  8. drajat berkata:

    wes keren x ah jd pengen nya smw nya………
    keren abeeeeeeesssssssssssssssssssssssssssssssssss

  9. kiky berkata:

    saya sangat senang bisa mengatahui cara mebuat kandang??

  10. nadhori berkata:

    Terima kasih …….
    akan aku coba membuat kandang sendiri sesuai tutorial anda

  11. ElHa berkata:

    unik – nya kandang” hamster ini……..

  12. Chandra berkata:

    ARTIKEL yang sangat bermanfaat bro!!
    gua jadi banyak imajinasi untuk buat rumah hamster gua :D

  13. rizha ainun nadliroch berkata:

    kandang kek begitu ada gg d petshop???
    uniik bgt kandangnya,lucu:D

  14. firgikolonk berkata:

    aduhhh ,, imut tau

  15. cantik berkata:

    kira2 bikin kandang hamster gimana ya? susah ga ya?

  16. master hacker berkata:

    <(")

  17. master hacker berkata:

    :o

  18. master hacker berkata:

    :D

  19. master hacker berkata:

    :wow:

  20. marselli berkata:

    beli perlengkapan untuk rumah dan segala macem di mana y?di daerah bangka.

  21. otonx berkata:

    kalo pake duplex boleh gak gan???
    bals ya…

  22. otonx berkata:

    kalo pake duplex bisa gak gan???

  23. achmad wildan alayubi berkata:

    klau buat hamster albino boleh pake’ pasir halus

  24. ihsan berkata:

    pasirnya murah kox all size cuma 150rb dpt 1bak mobil.
    Nanti skalian bisa bwt kndang tikus..

  25. syarufhidayatullah berkata:

    sangat ber manfaat bgi gw karna gw memelihara hanster dan gw sangat sayang sma hamster gw thanks y, tuk motivasi dan sarannya bye

  26. sonny berkata:

    wah hamsternya lucu bro, jadi inget2 waktu gw pelihara dulu hehe. itu jenis campbell bro? :)

  27. chrisna adi berkata:

    bro kalo mau bikin kayak yang gambar pertama banget di artikel ini berapa duit ya butuhnya?
    bikinnnya dimana?

  28. sandhy berkata:

    rumah hams yg di bawah tanah harus rutin di bersikan juga yach…?
    apa hamsternya gak stress klo tiap minggu rumahnya di bongkar tuk di bersihkan

  29. MIEKE berkata:

    eemmm kalo pasir zeloit itu sebesar rp.25.000.00. aja kok murahkan :) :) :D :/ emang kenapa mau beli aku jual looh

  30. MIEKE berkata:

    iiihhhhhh hamsternya lucu yaa imu dehh :)))))))) :DDDDD

  31. ageung berkata:

    Trims atas info nya………

  32. Ajeng Wawat berkata:

    klo beli pasir zeloit berapaan kira”?

  33. ajeng wawat berkata:

    Klo beli pasir zeloit berapaan??

  34. macho berkata:

    ccd loe anjink

  35. indra berkata:

    Gan aksesoris kandang hamster yg gambar pertama d jual g gan ?

  36. indra berkata:

    Gan aksesoris kandang hamster yg gambar pertama d jual g gan ?

  37. cha berkata:

    Tolong donk..aku pnya 6 hamster betina yg lagi hamil. tp kandangku gk ckup, soalnya kndngnya trbuat dr kwat, jd ank2 sblmnya pd jatuh2…
    tolong ksiin ide donk kndng apa yg co2k dan yg murah

  38. bie berkata:

    mau bangun rumah hamster tapi blm ada modal nya…

  39. saya mau membuat kandang hamster yang gampang dantempat bermain nya
    tolong di koment yaaa sama di kasih taucara membuat tempat bermain nyaaaaaaaaaa

  40. deny berkata:

    wew… mkasih kk info na

  41. wirapaksiwira berkata:

    Teman teman…..
    Aku pemain baru dan akan beternak Hamsters Buat anak ku yang masih Kelas Lima SD…
    Tolong bantu ya ….
    Jenis apa yang cocok dan fropit biar dia bisa cari uang jajan sendiri…..
    Terima kasih atas bantuannya…….

  42. rizki berkata:

    saya mau nanya.
    tempat minum ya agak longgar bola kecil nya kenapa ya??

  43. Arraishy berkata:

    saya mau nanya. .
    untuk ngebuat kandang hamster dalem tanah itu jenis tanah yg dipake itu yang kaya gimana ya?

    terus minta masukan untuk ngebuat kandang yang paling nyaman untuk hamster jenis roborovski yang kaya gimana ya?

    mohon dibantu gan.

    • mucozz berkata:

      pakai pasir zeloit atau pasir halus lainnya aja gan..
      kandang yang paling nyaman buat roborovski adalah kandang yang luas..
      seperti tingkah lakunya yang suka lari-lari dan meloncat-loncat..

  44. hamy berkata:

    kalo buat hamster jenis panda bagusan pake pasir atau serbuk kayu ya?

    • mucozz berkata:

      terserah sama pemiliknya..
      sebenernya keduanya mempunyai kegunaan yang sama..
      kalo menurut saya..
      pake serbuk kayu aja..
      buat alat mandi hamster pake pasir(zeloit) aja..

  45. Ageng berkata:

    emng pke tanah apa ?
    kalo sya buat ntar jdi kotor lgi tempat nya kk !!

  46. Rojak berkata:

    mau tanya gan.
    kalo mau bikin rumah buat hamster tapi buat sendiri gmna cranya gan?

  47. hamster maniak berkata:

    cara masang tempat minum ama mainana kincirnya gimana?

    • mucozz berkata:

      biasanya kalo kincirnya itu yang ada di petshop itu langsung di taruh dikandangnya aja gan…
      agan mgkin punya yang buat kurungan besinya ya gan??
      kalo punya yang gituan agan pake kreativitas sendiri gan..
      cari aja balok kayu(gak terlalu besar) trus di kasih kawat trus lilitin aja di kincirnya…
      kalo tempat minumnya gantung pake kawatnya aja gan..

  48. hamster online berkata:

    kalau bikin kandang aquarium mahal. Mau tau apa yang murah????

    Ini saya ada artikel membuat kandang hamster sendiri bro. Lumayan bisa save money pas lagi bokek. Artikel saya disertai dengan Gambar juga kok..

    Visit me on: http://roborovskiwhiteface.blogspot.com/2011/03/update-kandang-hamster.html

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s